Fungsi Server Atau Software Pulsa Dan Cara Kerjanya

Bagi Anda yang belum pernah coba menjalankan bisnis pulsa tentu masih asing dengan istilah server pulsa. Jika Anda belum tahu, server pulsa adalah satu set komputer yang di dalamnya sudah terinstal software pulsa yang terhubung langsung dengan modem atau hand phone (jumlahnya lebih dari satu) dan berisi chip dari beragam provider top up seperti M-Tronik, M-Kios, Dompet Pulsa dan sebagainya.

Fungsi dan Cara Kerja Server Pulsa

Mekanisme

Mekanisme atau cara kerja dari server pulsa ini sebenarnya relatif cukup rumit, yakni dengan menggabungkan dari setiap provider seluler ke dalam suatu sistem perangkat keras (hardware) kemudian dijalankan oleh suatu perangkat lunak (software). Gambaran singkatnya, server pulsa ini memungkinkan kita untuk mengisi pulsa all operator hanya dengan satu buah chip saja, artinya hanya perlu satu unit hand phon.

Lantas bagaimanakah cara server pulsa bekerja? Suatu server pulsa biasanya dibekali dengan perangkat-perangkat canggih seperti komputer dengan spek yang mumpuni, modem, chip hingga software-software yang dapat bekerja secara otomatis untuk menjalankan perintah-perintah tertentu.

Untuk input misalnya, bagi member yang sudah mendaftarkan nomornya pada server, secara otomatis akan terbaca dan ketika mengirim format transaksi (top up) ke SMS center, Telegram atau Nimbuzz, maka server akan memprosesnya. Format transaksi yang dimaksud adalah berupa perintah seperti transaksi pengisian pulsa, cek harga, cek saldo, cek bonus hingga kirim saldo.

Beda Format

Format dari masing-masing server pulsa bisa jadi berbeda-beda. Misalkan saja huruf ‘s’ untuk cek saldo, diiringi dengan pin dari masing-masing member/nomor yang didaftarkan.

Saat Anda sebagai member mengirim perintah tertentu sesuai format transaksi ke pusatnya, maka server akan secara otomatis memprosesnya sesuai dengan perintah yang diterima. Misalkan transaksi top up, cek saldo, dan lain-lain.

Apabila perintah yang diterima adalah untuk top up/pengisian pulsa maka server akan terlebih dahulu memotong saldo Anda, jika masih mencukupi (saldonya) maka akan diteruskan pada tabel transaksi, setelahnya baru akan diproses oleh modul yang sudah di-setting sedemikian rupa untuk mengerjakan perintah top up pulsa pada supplier atau provider tertentu.

Output

Setelah perintah transaksi diproses oleh model, maka kemudian akan muncul laporan/report mengenai hasil dari proses transaksi tersebut. Ini pun juga terjadi secara otomatis. Hasil dari proses perintah sesuai format bisa berupa laporan top up pulsa berhasil/gagal, saldo yang masih tersedia sampai harga pulsa top up.

Laporan inilah yang selanjutnya akan dikirim via SMS Sender pada member/reseller yang sudah mengirimkan perintah sesuai format pesan/transaksi yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pihak penyedia server pulsa.

Lantas apakah kegunaan dari server pulsa ini? Dengan adanya server pulsa yang bekerja secara otomatis ini, Anda hanya perlu menggunakan satu chip saja untuk pengisian all operator. Yang mana ini berarti Anda hanya perlu satu buah ponsel atau smartphone saja, sehingga lebih mempermudah proses transaksi pengisian pulsa dan lain-lain.

Dengan mendaftar di server pulsa terpercaya seperti Jhovapulsa, semua transaksi dan sistem terasa lebih ringan dan mudah, sesuai dengan fungsi server pulsa itu sendiri: mempermudah atau menyederhanakan pekerjaan sistem. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s